Musik merupakan salah satu sarana umum untuk berekspresi terhadap seni, lingkungan atau pemerintah, Musik bagi saya adalah berdiri sendiri tidak harus tergantung dari asal Negara atau apapun jika memang diinginkan maka musik itu akan berkembang sesuai dengan selera jaman. Kemudian yang jadi sebuah pertanyaan bagaimana jika musik dikaitkan dengan Nasionalisme seseorang, apakah bisa ???

 

Sebenarnya hal ini bermula dari beberapa hari yang lalu ketika tiba-tiba teman saya  menegur keras terhadap saya “eh dimana rasa nasionalismemu jika yang didengerin lagu barat terus”.

hmmm sempat terdiam sesaat tak tahu harus memulai dari mana tapi kemudian saya mendekat dan berkata “Musik itu soal selera bukan??”

dan dia menjawab “oo tidak bisa, dikatakan selera di Indonesia sendiri ada berbagai macam aliran bukan yang bisa dipilih”

“apakah nasionalisme hanya dilihat dari itu?”

“tapi itu salah satunya bukan??”

Sampai sekarangpun sebenarnya saya masih berfikir apakah bisa dikaitkan kedua hal tersebut ???

Saya adalah penikmat musik rock, saya cukup lumayan tahu untuk nama nama grup besar di era tahun 80an sampai 90an. Telinga saya sudah cukup terinfeksi oleh musik seperti Nirvana ketika saya menginjak kelas 3 SD atau MR. BIG, Bon Jovi, mungkin Padi, atau Voodo jadi jangan salahkan saya jika saya benar benar tersiksa mendengarkan lagu melayu yang sedang hits sekarang.

Tapi perlu diingat saya tidak pernah mengatakan MUSIK MEREKA JELEK saya hanya berkata bahwa saya tidak terbiasa mendengarkan beat mereka yang terasa asing ditelinga saya.

Jadi sebenarnya ini murni hanya soal selera bukan ??? andai ada grup di Indonesia yang memiliki genre yang saya suka tentu tak segan untuk saya dengarkan, seperti mungkin yang terbaru adalah grup band Kotak.

Saya memang cinta sekali mendengarkan lagu rock barat, tapi bukan berarti serta merta rasa nasionalisme saya hilang. Saya masih ingat Pancasila, masih ingat isi pembukaan UUD 45, saya bangga dengan warna bendera Negara ini, Saya selalu berusaha mendukung atlit Indonesia … yah mungkin kesemuanya itu telah dilakukan baik oleh hampir semua orang tapi saya yakin ada yang belum dilakukan oleh banyak orang adalah semangat Bhineka Tunggal Ika, karena jika ini diterapkan saya yakin Tidak akan banyak terjadi perkelahian bukan ???

Ini yang perlu dicatat bukan sekedar soal musik kan, karena musik itu soal selera.

 

Rumah Pohon

27 November 2011

20.30 wib

Sumber gambar : http://alif-ilmu.blogspot.com/2011/04/membuat-logo-bulat-bendera-indonesia.html

