Siapa yang ingat kapan terakhir kali ikut upacara bendera ????

Kalo tidak salah ingat saya terakhir kali mengikuti upacara bendera adalah sekitar 12 tahun yang lalu sewaktu saya duduk di kelas 3 SMA, setelah itu tidak ada dalam kamus saya untuk ikut upacara bendera kembali sekalipun saya masih meneruskan studi saya di Perguruan tinggi. Seringnya tidak mengikuti upacara bendera setelah lulus SMA membuat saya menjadi tidak peka terhadap lagu kebangsaan sendiri, jika tanggal 17 Agustus datang maka ya tidak jauh berbeda dengan tanggal-tanggal lain dalam kalender, jika toh ada yang menyanyikan lagu Indonesia Raya toh hanya selintas saja saya mendengarkan atau kalopun sedang berada dirumah malahan lebih beruntung lagi karena pastpada jam-jam dimana upacara bendera diadakan televisi akan mati total digantikan dengan lagu-lagu lain yang berasal dari mp4 saya.

Bisa dikatakan rasa nasionalisme saya berkurang drastis, entah apa penyebabnya. jika mengatakan lingkungan makan saya rasa 50%nya adalah benar karena lingkungan saya sepertinya sangat tidak antusias dengan yang namanya upacara bendera yang menurut mereka rasa nasionalisme itu bisa ditunjukan dengan berbagai cara tidak harus dengan mengikuti upacara bendera dan katakanlah “wow” maka saya dengan senang hati menerima persepsi mereka untuk periode yang lumayan lama.

Hingga kemarin saya baru saja mendapat mandat dari ibu saya untuk meneruskan pekerjaan beliau di Palang Merah Indonesia dan salah satu kegiatan pertama saya adalah mengikuti kegiatan yang rutin diadakan 2 tahun sekali yang dinamakan JUMBARA (Jumba Bakti Gembira), dan bisa ditebak pula saking gembiranya saya sampai lupa harus memakai masker dikarenakan daerah disana sangat berdebu dan berakhir ambruk. Upacara Pembukaan berlangsung secara meriah karena dihadiri oleh Bapak Imam Utomo yang merupakan Mantan Gubenur Jawa Timur yang kemudian didaulat untuk membuka acara tersebut, namun karena berada di tenda sekertariatan maka saya hanya bisa mendengar suara yang lamat lamat terdengar dan kadang tidak terdengar maklum saja lokasinya lumayan jauh. Namun untuk upacara penutupan baru saya bisa mendengarkan dengan sempurna apa yang ada didalam urutan susunan Upacara diantaranya menyanyikan lagu PMI, dan Indonesia Raya. Jujur saja sebenarnya ketika lagu Indonesia Raya hendak dikumandangkan saya masih terasa ogah-ogahan untuk berdiri tapi karena malu dengan yang lain maka saya putuskan untuk berdiri dan bernyanyi, dan coba anda tebak ….. sepertinya saya mendapat dorongan magic yang sangat kuat untuk tetap meneruskan lagu tersebut hingga boleh percaya boleh tidak saya sempat menitikkan air mata ketika menyanyikan lagu kebangsaan kita tersebut, entah dalam hati saya saat itu saya merasa ada yang istimewa dari lagu tersebut dimana pada saat itu saya baru saja melakukan sesuatu yang tidak begitu besar namun rasa kepuasan batin saya sudah sangat besar hingga menyebabkan saya larut dalam suasana kemenangan ini.

Meski mungkin terlambat untuk mengakuinya namun toh pada akhirnya saya teteap akan mengakuinya bahwasanya saya bangga bisa kembali mengikuti upacara bendera ini, bangga sekali bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya, meskipun rasa Nasionalisme bisa ditunjukan dengan cara apapun tapi bagi saya bisa kembali menyanyikan lagu Indonesia Raya merupakan sesuatu yang sangat indah sekali. Mungkin kedepannya saya akan lebih sering mengikuti Upacara Bendera dan juga menyanyikan lagu Indonesia Raya ini dengan tersenyum bangga.

I love My Country Indonesia Yess !!!

Rumah Pohon

19 Oktober 2012

11.30 wib

Sumber Foto : http://bagus-anwar.blogspot.com/2012/01/bentuk-kecintaan-negara-dalam-bentuk.html

